Selasa, 08 November 2016

PENYELESAIAN SIKLUS AKUNTANSI

PENGANTAR AKUNTANSI 1



NAMA : YOGA MURJAYANTI
NPM : 17216761
DOSEN : MAILDA ALFRISKA




Pengertian Siklus Akuntansi
Siklus akuntansi adalah proses pencatatan transaksi – transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu perusahaan sejak awal periode sampai akhir periode dan kembali lagi ke awal periode.

1.      Transaksi

Transaksi adalah kejadian – kejadian dalam perusahaan yang mempengaruhi posisi keuangan perusahaan. Contoh bukti transaksi adalah kwitansi, bilyet giro, cek, nota debet, nota kredit, dan faktur.

2.      Jurnal
Merupakan catatan akuntansi pertama setelah bukti transaksi.

Fungsi jurnal terdiri dari :
            1.      Fungsi pencatatan
            2.      Fungsi historis
            3.      Fungsi analisa atau jurnal
            4.      Fungsi instruktif
            5.      Fungsi informatife

Secara umum jurnal terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
            1)      Jurnal umum
            2)      Jurnal khusus
   
      Jenis jurnal khusus yang sering digunakan adalah
1.      Jurnal penjualan
2.      Jurnal pembelian
3.      Jurnal penerimaan
4.      Jurnal penerimaan kas
5.      Jurnal pengeluaran kas
6.      Jurnal memorial

3.      Buku besar
Buku besar adalah sebuah buku yang berisis akun – akun sejenis dan saldonya yang terdapat dalam suatu perusahaan. Buku besar terbagi menjadi 2 macam, yaitu :
            1)      Buku besar umum
            2)      Buku besar pembantu
 
     Buku besar pembantu terdiri dari 
     v  Buku besar pembantu piutang
     v  Buku besar pembantu utang
     v  Buku besar persediaan

Bentuk – bentuk buku besar
            1.      Bentuk skontro
            2.      Bentuk T
            3.      Bentuk staffle

4.      Neraca saldo
Neraca saldo adalah daftar seluruh akun dengan mencatat debet dan kredit untuk melihat apakah saldonya seimbang atau belum.

5.      Ayat jurnal penyesuaian
Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat pada akhir periode untuk menyesuaikan saldo – saldo perkiraan (akun).

6.      Neraca lajur
Neraca lajur adalah Kertas kerja berkolom-kolom untuk memudahkan dalam membuat penyesuaian dan penyusunan laporan keuangan. Neraca lajur disusun dengan memindahkan data – data neraca saldo dan jurnal penyesuaian.

7.      Laporan keuangan
Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat dugunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.

Fungsi laporan keuangan
            1.  Untuk mengetahui besarnya laba atau rugi yang diperoleh perusahaan
            2.  Untuk mengetahui perubahan modal
            3.  Untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan

Laporan keuangan terdiri dari:
1. Laporan Laba Rugi
2. Laporan Perubahan Modal
3. Laporan Neraca
4. Laporan Arus Kas

8.      Jurnal penutup
Jurnal penutup agalah pencatatan pemindahan atas saldo akun normal (sementara) berupa pendapatan dan beban kea kun modal melalui ikhtisar laba/rugi dan pemindahan saldo akun prive kea kun modal.

Fungsi jurnal penutup
            1.      Untuk menghitung jumlah laba/rugi dari akun pendapatan dan beban.
            2.      Untuk memindahkan untuk mengenikan/menihilkan saldo akun sementara kea kun modal                   untuk mencatatan periode berikutnys.
            3.      Untuk menghitung modl skhir periode

4 jenis akun yang dilakukan jurnal penutup, yaitu:
            1.      Akun pendapatan
            2.      Akun beban
            3.      Akun ikhtisar/rugi atau saldo laba/saldo rugi
            4.      Akun prive

9.    Neraca saldo setelah penutup

Neraca saldo setelah penutup adalah neraca saldo yang disusun setelah akun nominal atau akun sementara ditutup atau dinolkan saldonya dengan cara membuat jurnal penutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pergeseran Pemasaran Domestik ke Pemasaran Global Mnj. pemasaran era rev. industri

1.       Konsep Pemasaran Universal             Untuk melakukan pemasaran, pemasaran perlu melakukan kegiatan-kegiatan fungsional. Fu...