Selasa, 19 Maret 2019

Assignment1_etika_bisnis_YM

TUGAS 1


1.  Apakah etika dan bisnis sebagai sebuah profesi dapat dilaksanakan dalam dunia industry?
Jawab :

     Etika dapat dikatakan sebagai suatu kebiasaan yang baik. Sedangkan etika bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat. Oleh sebab itu etika dan bisnis sebagai sebuah profesi sangat dibutuhkan dalam dunia industry, karena jika suatu industry dilandasi dengan etika yang baik dan moral yang luhur, jujur, transparan dan sikap yang professional dapat meyakinkan dan membina hubungan baik dengan mitra bisnis yang bekerjasama dengan industry tersebut dan dengan begitu akan membuat industry ini terus berjalan dan berkembang di masa mendatang. Etika dan nilai bisnis adalah hal yang saling berkaitan dan tidak boleh di abaikan dalam lingkungan bisnis industry yang semakin kompetitif. Suatu perusahaan atau industry yang memiliki dan menjalankan etika bisnis yang baik tidak hanya mendapatkan keuntungan materi saja, namun juga non materi seperti : citra positif, kepercayaan dan keberlangsungan bisnis atau industry itu sendiri. Beberapa perusahaan besar mengalami masalah dan nyaris koleps dikarenakan kelalaian dalam etika bisnisnya, maka dari  itu etika bisnis penting untuk di terapkan dalam industry.
    2. Apakah prinsip dalam bisnis serta etika dan lingkungan mempunyai dampak positif bagi anda?
      Jawab :
      Menurut pendapat saya prinsip dalam bisnis serta etika dan lingkungan memberikan dampak positif pada diri saya, karena dalam prinsip tersebut terdapat banyak prinsip yang menjadi pedoman yang baik untuk dilakukan serta mencerminkan prinsip kehidupan yang baik  dan memberikan pengaruh positif seperti prinsip otonomi, prinsip kejujuran, prinsip keadilan, hormat pada diri sendiri, hak dan kewajiban dan lain sebagainya. Prinsip tersebut berdampak positif karena dapat digunakan dilingkungan kerja, bisnis maupun lingkungan diluar pekerjaan.
Sama halnya dengan prinsip etika bisnis, etika lingkunganpun mempunyai prinsip-prinsip baik yang berpengaruh positif yaitu prinsip yang mengajarkan kita bagaimana menjaga dan melindungi lingkungan alam sekitar yang ada, prinsip tersebut diantaranya adalah sikap hormat terhadap alam, prinsip tanggung jawab, solidaritas kosmis, Prinsip Keadilan, prinsip demokratis, prinsip integritas moral dan lain sebagainya. 
3. Jelaskan apakah agama, filosofi, budaya dan hukum berhubungan dengan model etika dalam bisnis!
Jawab :
Agama, filosofi, budaya dan hukum berhubungan dengan model etika bisnis karena, agama adalah sumber moral atau ajaran-ajaran yang baik di bumi ini, filosofi merupakan Salah satu sumber nilai-nilai etika yang juga menjadi acuan dalam pengambilan keputusan oleh manusia, budaya yaitu referensi penting lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai acuan etika bisnis adalah pengalaman dan perkembangan budaya, sedangkan hukum adalah perangkat aturan-aturan yang dibuat oleh pemerintah dalam rangka untuk menjamin keamanan masyarakat dalam dunia bisnis maupun bukan bisnis. maka dari itu agama, filosofi, budaya dan hukum saling berhubungan dengan model etika dalam bisnis karena  sumber – sumber nilai etikanyalah yang menjadi acuan dalam melaksanakan  bisnis.
     4. Jelaskan norma dan etika dalam pemasaran terhadap etika dalam beriklan!
     Jawab :
     Norma dan etika pemasaran terkandung pada sebuah iklan yang dibuat, dimana iklan tersebut tidak menampilkan hal-hal negative yang memicu konflik, menampilkan berita bohong (hoax) dan tidak melanggar norma-norma yang ada dalam masyarakat. iklan yang baik memiliki 3 ciri utama yaitu : etis yang berkaitan dengan kepantasan, estetis yang berkaitan dengan kelayakan dan artistik yang bernilai seni yang mempu mengundang daya tarik masyarakat atau konsumen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pergeseran Pemasaran Domestik ke Pemasaran Global Mnj. pemasaran era rev. industri

1.       Konsep Pemasaran Universal             Untuk melakukan pemasaran, pemasaran perlu melakukan kegiatan-kegiatan fungsional. Fu...