Kamis, 18 Mei 2017

CAUSATIVE HAVE/MAKE

Pengertian, contoh dan rumus causative have/make

 Causative have/make
A.    Causative have
adalah sebuah susunan kalimat dalam bahasa Inggris yang mempunyai arti menyuruh, meminta, bahkan memaksa orang lain melakukan sesuatu. Dalam bahasa Inggris causative have bisa nggunakan kata HAVE, MAKE, GET, dan LET.

Causative have dibedakan menjadi 2, aktif dan pasif.

1. Causative have dalam kalimat aktif.
Rumus causative have dalam kalimat aktif

Rumus: Subject + HAVE + Object 1 + Verb 1 + Object 2

I have my sister cook friend rice = Saya menyuruh adik saya memasak nasi goreng

Dalam kalimat diatas, causative have diterapakan pada kalimat aktif. Dalam artian saya (subject) meminta adik saya (object) untuk memasak nasi goreng.
Ingat setelah object, verb 1 (cook) harus dipakai.

2.  Causative have dalam kalimat pasive
Rumus causative have dalam kalimat pasif

Subject + HAVE + Object 2 + Verb 3

I have friend rice cooked = Saya minta nasi goreng dimasakan.

Dalam kalimat diatas, causative have digunakan pada kaliamt pasif. Ini berarti Object pertama tidak perlu disebutkan alias tidak diketahui siapa yang diminta melakukan kegiatan itu.
Ingat setelah object Verb 3 (cooked) harus digunakan.

B.   Causative Make
Kata causative “make” hanya dapat diaplikasikan pada kalimat active (active clause). Make memiliki makna yang lebih kuat daripada have atau get.
Rumus
Subject + Make + Object + V1

Contoh penerapan causative “make” dalam kalimat: 

a. The robber made the teller give hime the money.
(Perampok membuat petugas teller memberikan uangnya)
Catatan :
Kalimat tersebut sama dengan artinya “the robbers forced the teller to give him the money”
(Perampok memaksa petugas teller memberikan uangnya)

b. The manager made the employee attend the meeting.
(Manager meminta/memaksa karyawan menghadiri pertemuan itu)

c. The teacher always makes the children stay in their seats.

(Guru selalu memaksa/meminta anak anak tetap tinggal di tempat duduknya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pergeseran Pemasaran Domestik ke Pemasaran Global Mnj. pemasaran era rev. industri

1.       Konsep Pemasaran Universal             Untuk melakukan pemasaran, pemasaran perlu melakukan kegiatan-kegiatan fungsional. Fu...